Cara Membuat Laptop/Notebook sebagai Wi-Fi Access Point pada Windows 7

Tidak banyak orang yang mengetahui bahwa laptop atau notebook yang ter-install sistem operasi Windows 7 dapat digunakan sebagai access point untuk wi-fi. Pada umumnya cara yang digunakan adalah menggunakan hubungan ad-hoc. Manfaat dari cara ini adalah laptop kita dapat berbagi berbagai akses dengan komputer lain, seperti akses internet, printer, dan sebagainya, dengan lebih mudah dan stabil dibandingkan menggunakan cara hubungan ad-hoc.

Pada kesempatan ini saya akan membagi cara agar laptop kita bisa digunakan sebagai access point. Berikut ini caranya:

1. Jalankan program command prompt dengan akses administrator dengan cara klik start menu lalu ketik cmd pada kolom Search program and files. Setelah itu klik kanan pada ikon aplikasi dan pilih run as administrator.

1

2. Pada layar terminal ketik perintah berikut:

netsh wlan set hostednetwork mode=allow "ssid=myssid"  "key=mykey” keyUsage=persistent

Ganti parameter myssid dengan ssid yang diinginkan. SSID ini nantinya akan menjadi nama dari access point kita. Ganti juga parameter mykey dengan password yang diinginkan. Lalu tekan enter.

2

3. Buka Network Connections yang ada pada Control Panel > Network and Internet > Netowork and Connections. Pada halaman ini akan terlihat pilihan Wireless Network baru dengan keterangan Microsoft Virtual WiFi Miniport Adapter.

3

 

4. Jika ingin agar komputer lain atau device lain dapat mengakses internet melalui laptop yang kita set sebagai access point, lakukan klik kanan pada network connection yang terhubung ke internet lalu pilih properties. Pada tab sharing centang pilihan allow other users to connect through this computer’s internet connection dan pilih connection yang sesuai.

4

 

5

 

5. Langkah selanjutnya adalah membuat shortcut untuk menghidupkan dan mematikan wifi yang telah kita buat. Caranya adalah klik kanan pada desktop atau folder lain tempat shortcut kita nantinya berada, pilih new > shortcut, lalu pada location of the item ketik:

netsh wlan start hostednetwork

dan

netsh wlan stop hostednetwork

Lanjutkan ke langkah selanjutnya hingga menjadi seperti gambar di bawah.

6

7

8

6. Untuk menjalankan access point, klik kanan pada shortcut start lalu pilih run as administrator. Begitupun untuk mematikan access point, klik kanan pada shortcut stop lalu lakukan hal yang sama.

7. Access point siap digunakan. Selamat mencoba 🙂

-mustaqiem22-

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s